Jumat, 04 Maret 2011

Tak mudah mengenali kelainan kelenjar gondok

Dari yang tak mudah itu, Dokter Jose Batubara memberikan beberapa cara untuk mengenalinya. Jenis hipertiroid. Jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah meningkat, tangan gemetar, nafsu makan bertambah tapi berat badan malah berkurang, dan sulit buang air besar.

Tak mudah mengenali kelainan kelenjar gondok. Dari yang tak mudah itu, Dokter Jose Batubara memberikan beberapa cara untuk mengenalinya.
Jenis hipertiroid. Jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah meningkat, tangan gemetar, nafsu makan bertambah tapi berat badan malah berkurang, dan sulit buang air besar.
Pada bayi yang baru lahir, gejala kelenjar tiroid yang terlalu aktif bisa timbul dalam waktu beberapa hari setelah lahir. Itu bisa dilihat dari berat badan bayi yang tidak bertambah, denyut jantung yang cepat, tekanan darah tinggi, mudah rewel, muntah, dan diare.

Kelainan gondok juga bisa menekan saluran udara dan mengganggu proses pernapasan. Seperti halnya terjadi pada orang dewasa, pada bayi yang baru lahir, mata juga menonjol. Di sini, perlu dilihat pula apakah bayi yang lahir itu mewarisi penyakit turunan dari ibu kandungnya.
Jenis hipotiroid. Rasa kantuk berlebihan, konsentrasi menurun, dan susah buang air besar. Selain itu, kulit dan rambut penderita terlihat tak lembab. Sering merasa nyeri otot dan kemampuan berpikir si penderita juga lemah. Gejala lain yang akan dialami oleh si penderita biasanya depresi.

Pada bayi yang baru lahir, gangguan ini menyebabkan kretisinisme (hipotiroidisme neonatorum). Tanda-tandanya antara lain sakit kuning, nafsu makan yang buruk,Kelenjar gondok biasa mengalami pembesaran atau benjolan pada leher bagian depan. Pembesaran itu bisa bergerak ke atas dan bawah terutama saat penderita melakukan gerakan menelan.

Kemunculan kelainan gondok juga sering diiringi demam, baik pada awal maupun saat peradangan. Si penderita juga akan hiperaktif, berkeringat berlebihan, tubuh hangat, tangan sering gemetar dan bola matanya agak menonjol. Pada beberapa kasus, benjolan di leher karena kelenjar gondok, ada yang terasa sakit bagi penderitanya tapi ada juga penderita yang tak merasakan apa pun.

Penyebab dan Pengobatan

Inilah pemicu dan cara mengatasi penyakit gondok.
Penyebab gondok tipe hipotiroid antara lain pembengkakan kelenjar gondok, kurang tidur, dan kurang yodium. Pada wanita yang melahirkan dipicu oleh perubahan hormon dalam tubuh mereka. Pada tipe hipertiroid disebabkan oleh reaksi autoimun tubuh dan kandungan yodium dalam tubuh yang berlebihan.

Pada bayi yang baru lahir penderita hipotiroid, bisa diberikan hormon tiroid untuk mencegah kerusakan otak. Hal yang sama juga diberikan kepada anak-anak dan remaja.
Pengobatan untuk penderita hipertiroid bisa dilakukan dengan dengan obat propilthiouracyl, yang berfungsi untuk menghambat pembentukan hormon tiroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar